jump to navigation

KOMSUMSI BAHAN BAKAR SUPRA X 125 PGM-FI…..BOROS !!!!! 12 Oktober 2010

Posted by darucreepy in otomotif.
Tags: , , , ,
trackback

Begini nih bro, beberapa minggu yang lalu gue sempat melakukan tes mileage (konsumsi bahan bakar) motor gue. Tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2010, hari jumat 2 minggu yang lalu. Bahan bakar yang gue  gunakan yaitu BBM yang berwarna merah atau Pertamax plus…gue isi full tank tuh. Jepret odometer tertera angka 9106,2 KM.

Yah…pembawaan motornya sih kalo lagi santai…santai kalo lagi pengen ngebut geber sampe 100 kpj hahaha. Setelah 6 hari kemudian gue lakukan pengisian dengan BBM dengan jenis yang sama…ternyata si beksi minum pertamax plus sebanyak 2,91 liter.

Jepret lagi odometer, tertera angka 9248,8 KM.

Sehingga dapat kesimpulan nih, 9248,8-9106,2=142,6. Nah 142,6 KM : 2,91 liter = 49,003436 KM/liter atau setara 49 KM/liter, Masya Allah boros banget dah, kunaon yeuh? Ceuk urang sunda mah ! ada masalah apalagi nih ama nih motor? Sama kaya motor seprot eh sport ini konsumsinye

Segini dulu dah …..komentarnya juga ya !!!!!

Assalamualaikum Wr.Wb

Komentar»

1. mastercakram - 5 November 2010

jadilah… daripada fitx. masih iritan vario cbsku.

2. kidz@atmodhimoro - 8 November 2010

salam kenal.. baru mampir di warung ini. :)
mileage tergantung pemakaian bos.. selain itu beban yg di tanggung motor(sering boncengan)dan tekanan ban juga mempengaruhi milage.. saya mau share.. klo supra dpt 49 km/L.. ga beda jauh sama vixy saya..waktu masih standar pabrik ( CO = 0 ) bisa tembus 1 L = 49-50 km. tapi skrg mah udah boros.. 1 L paling sekitar 40-45 km.. tu karena CO dah saya naikin klo ga di naikin knalpotnya nembak2. selain itu biar tarikan lebih mantaap.. tapi konsekuensi jd boros.. pernah ban kempes. waktu ngisi liat tekanan ban ternyata depan: 16psi n blkg: 19psi. n saya isi tekanannya jd 29/32 psi sesuai buku pedoman :)besoknya saya isi pertamax full tank ternyata di dapat 1 L = 37 km.. pencapaian terboros saya selama naik vixy..
sekian sharing dari saya..
Kidz.

3. darucreepy - 13 November 2010

@kidz : Asik ada suhu, maklum masih nubitol hehehe, saya juga pake vixi, tapi knalpotnya suka meledak meledak, apa setingan CO nya ya?

4. darucreepy - 13 November 2010

@mastercakram : yang bener tuh?

5. Imam Maskur - 5 Desember 2010

mmm, katanya irit

6. darucreepy - 5 Desember 2010

Fakta berbicara hehehe

7. endru - 3 Januari 2011

klu shogun, ane prcya irit dah pernah nyobain skrg pki athlete 125 sma irit kya shogun,,tpi athlete lebih nyaman,,and koplit pki telurr,,,heheee

8. jay - 19 Mei 2011

sm*sh si gesit irit… g jadi beli ah supraks nya..

9. Ary Photograph - 8 Juni 2011

Supra X emang boros bro… punya gua aja ane campur pertamax sama premium cuma 49, 5 KM/Liter,,boros gan itu aja knalpotnya udah ane ganti nobi…..

10. Aree Nagato - 12 Juni 2011

Saya (70Kg) pernah berboncengan dengan teman saya (65Kg) plus membawa barang dengan tas ransel (total beban isi+tas ransel +/- 15Kg, bensin ‘full tank’ = 3.7L) menggunakan honda supra x 125 pgm-fi, khusunya yang generasi pertama. Dari kota manna (Bengkulu Selatan) menuju kotamadya Bengkulu dengan jarak tempuh 150 Km, medan banyak menanjak (Gear 2), berbelok ((tikungan tajam berbalas ganda) gear 2 atau 3), maupun jalur lurus (gear 4, speed: 90 Km/h). Selama mengendarainya, saya lazim berkendara dengan kecepatan tersebut, apalagi di jalan lurus mencapai 110 Km/jam, dan saat tiba di SPBU pertama di KM 8 Kota Bengkulu (Jarak tempuh sudah mencapai sekitar 142 Km) kami melakukan pengisian tanki penuh dengan premium (1L = Rp. 4500). Hasilnya, penunjuk angka biaya pada mesin pengisian BBM SPBU menunjukkan angka Rp. 8300, tanki sudah penuh (bahkan sebagian meluap). kurang dari 2 liter, mampu menempuh jarak 142 Km dg kondisi demikian (142 Km: 2L (kami anggap 2L) = 71 Km/L). Terbukti IRIT. Artinya, mau cepat, lambat, menanjak, turunan, menikung, trek lurus, yang penting cara mengendarainya yang musti benar, bukan dibawa ugal-ugalan.

11. Mang Iye - 11 Agustus 2011

sharing saja, saya memakai supra x125 Mei 2011 dan pemakaian di kota bandung. konsumsi bensinnya tetap 150 km/Rp 15000 premium(rp 4500), jadi 150km/3.333 l = 45 km/l, dan kalau tanya teman saya yang sama pakai supra x 125, konsumsi bbm nya sekitar segitu. Boros apa irit yah untuk 125 cc?

darucreepy - 12 Agustus 2011

Di iklannya sih irit, btw thanks sharingnya :D

12. mang iye - 25 Agustus 2011

All, karena kemarin tidak bisa stationary motor supranya, maka saya set ulang karburatornya, ternyata dari baru motor tersebut di set boros, setelah saya setting ulang ke optimum. sekarang naik jadi 200km/3.33l = 60 km/liter, saya coba boncengan total berat 2 penumpang sekitar 130 kg, di dalam kota di Bandung.

13. Ujang - 8 Oktober 2011

irit mana sama mtor astrea grand gua,58km/liter
ngangkut beban berat d tanjakan tetep naik & tidak ngaruh terhadap bensin.
saran gua:rawat motor yg bner jngan smpai telat ganti oli & kalo ada duit isi pertamax kali-kali agar tarikannya enteng dan enak dipakai.

14. Odi Sudah Injeksi - 14 Februari 2012

HSX 125 PGM-Fi saya, konstan selalu bermain di 60 km/liter rata2, capat atau lambat ritme mesinnya. Keluaran 2007, tapi masih virgin motor saya, belum pernah di-utak-atik setingan mesinnya.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

